5 Akibat Kekurangan Nutrisi pada Ibu Hamil
Parenting admin  

5 Akibat Kekurangan Nutrisi pada Ibu Hamil

Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan oleh ibu hamil adalah makan makanan bergizi agar kebutuhan nutrisinya tercukupi. Tidak hanya untuk diri sendiri, asupan nutrisi ini juga penting untuk janin dalam kandungan. Blackmores menjadi salah satu pilihan produk suplemen yang akan mendukung ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik.

Dampak Kurang Nutrisi

Mengapa dibutuhkan suplemen bagi ibu hamil? Hal ini disebabkan oleh adanya banyak dampak buruk yang mungkin terjadi jika ibu hamil kekurangan nutrisi. Berikut adalah 5 dampak yang bisa dirasakan tubuh dan janin saat ibu hamil tak memiliki cukup asupan nutrisi.

1.     Kelahiran Prematur

Janin perlu berkembang di dalam rahim ibunya hingga ia siap untuk dilahirkan di waktu yang tepat. Namun, waktu kelahiran bisa saja berjalan lebih cepat akibat terjadinya kekurangan nutrisi pada tubuh sang ibu. Kurangnya nutrisi akan memperbesar risiko bayi lahir secara prematur. Kondisi ini bisa berbahaya apalagi jika bayi belum benar-benar siap untuk dilahirkan.

2.     Anemia

Selain berpengaruh pada janin, jelas sekali bahwa kondisi kurang nutrisi akan berdampak pada kondisi ibu. Ibu hamil yang kurang asupan nutrisi bisa mengalami anemia. Apalagi jika zat besi yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangat rendah. Asupan zat besi saat hamil mungkin tidak akan cukup hanya dari makanan-makanan yang dikonsumsi. Itulah mengapa dibutuhkan suplemen sebagai sumber zat besi.

3.     Bayi Lahir Berat Rendah

Kekurangan nutrisi saat hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan bobot tubuh rendah. Kondisi ini juga masih berhubungan dengan kelahiran bayi prematur akibat nutrisi yang tidak mencukupi. Jika berat badan lahir bayi rendah maka risiko untuk mengalami gangguan kesehatan juga cukup tinggi. Itulah mengapa konsumsi Blackmores atau suplemen kehamilan benar-benar penting untuk dilakukan.

4.     Kecacatan pada Janin

Asupan nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan perkembangan organ janin. Jika asupan nutrisi tidak memadai maka perkembangan janin juga akan terhambat. Kondisi ini bisa memicu terjadinya kecacatan pada janin. Perkembangan organ-organ janin jadi tidak bisa berjalan dengan lancar. Jika tak ingin hal ini terjadi, maka perhatikan betul asupan nutrisi yang masuk ke tubuh ibu hamil.

5.     Keguguran

Kematian janin menjadi salah satu risiko terburuk yang bisa dialami ibu hamil saat kekurangan nutrisi. Asupan nutrisi yang tidak memadai akan menyebabkan janin tidak bisa berkembang secara optimal. Tak hanya mengalami gangguan pertumbuhan, hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya kematian.

Itulah 5 dampak buruk yang bisa terjadi jika ibu hamil tidak mendapat nutrisi yang mencukupi. Untuk menghindari risiko dari semua dampak buruk ini, pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen ibu hamil. Selain berbelanja perlengkapan bayi, persiapkan juga kondisi kesehatan si kecil dengan memenuhi nutrisinya sejak dalam kandungan.