Tips Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini
Parenting admin  

Tips Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini

Sikap yang baik bisa diajarkan sejak anak berusia dini agar memiliki budi pekerti luhur. Pencapaian akademik tanpa didukung dengan akhlak yang bagus, maka hal itu sia-sia. Orangtua memiliki peranan penting dalam membangun karakter anak sejak mereka kecil. Jika ingin sang anak menjadi orang yang memiliki sikap baik, maka pastikan diri orangtua bisa memberikan teladan tersebut.

5 cara membuat anak menjadi pribadi yang baik

Ada banyak kegiatan yang bisa dijadikan waktu berkualitas antara orangtua dan anak. Selain itu, kegiatan bersama bisa memupuk kebersamaan termasuk memberikan teladan langsung kepada anak. Anda bisa membangun karakter  anak yang kuat sejak dini dengan menerapkan beberapa cara efektif berikut :

1. Mengajari anak tentang cara mencintai

Cinta merupakan hal vital dalam kehidupan yang harus Anda ajarkan kepada anak sejak ia masih balita pun. Bukan sekadar cinta pada lawan jenis saja, cinta merupakan hal yang bersifat universal. Cinta kepada orangtua, saudara, keluarga, teman, kasih sayang kepada makhluk lain, lingkungan, dan sebagainya. Anak yang hidup dengan memahami bagaimana cara mencintai yang baik, maka ia akan menjadi pribadi yang mendahulukan kepentingan bersama alih-alih kepentingan diri sendiri atau kelompok tertentu.

2. Mengajari cinta kedamaian

Jangan suka mengajari anak segala sesuatu yang berbau kekerasan, meskipun dia melakukan hal yang salah. Tunjukkan sikap orang yang lebih cinta damai dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Selalu ajarkan pada anak tentang bagaimana cara meminta maaf bila melakukan kesalahan pada orang lain.

3. Selalu ajarkan sikap jujur

Membangun karakter yang jujur bisa mencegah anak melakukan segala usaha yang bersifat tipu daya. Kejujuran merupakan kunci karakter agar anak bisa menjadi orang berhasil dalam kehidupan dan karir mereka kelak.

4. Mengajarkan sikap yang sabar

Bersabar tidak mudah dilakukan, tetapi orangtua harus menunjukkan contoh dari sikap bersabar. Mau mengantre di kasir merupakan contoh sikap sabar yang sederhana, lho! Selain itu, Anda harus bisa memberikan contoh simpati dan empati kepada orang lain yang mungkin mengalami kesusahan. Ajak anak untuk turut melakukan donasi, membantu anak lain yang kesusahan dan sebagainya.

5. Ajari melakukan kebaikan

Bangun karakter anak yang menjadi pribadi baik dan mau membantu orang lain. Tidak semua orang yang hidup di dunia luar memiliki kepribadian yang baik, tetapi anak Anda harus menjadi salah satu orang baik tersebut. Tekankan pada anak untuk selalu melakukan kebaikan pada diri sendiri, orang lain dan makhluk Tuhan yang lain.

Membangun karakter anak sejak dini harus dimulai dari keluarga sebagai pihak internal. Dukungan keluarga yang kuat akan membangun kepribadian yang tak kalah kuat. Setidaknya anak-anak bisa tumbuh dengan prinsip yang baik dan tidak mudah terpengaruh pergaulan di luar sana. Yuk, ajak anak Anda untuk melakukan kegiatan positif yang bisa mendukung kepribadian baik tersebut!